%0 Thesis %9 Skripsi %A Atmaja, Qolbi Qorina %A Hidayat, Rais %A Purnamasari, Ratih %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2020 %F eprintsunpak:3597 %I Universitas Pakuan %T PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA Penelitian Kuantitatif pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rawailat Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 %U http://eprints.unpak.ac.id/3597/ %X Qolbi Qorina Atmaja. 037116174. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan analisis multivariate. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rawailat Cileungsi, Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah peserta didik dengan sampel sebanyak 40 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel budaya sekolah dan karakter siswa. Analisis statistik terhadap data menghasilkan budaya sekolah terhadap karakter siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,523 dan diperoleh thitung sebesar 3,781, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,273 atau sebesar 27,3%. Hal ini berarti karakter siswa sebesar 27,3% ditentukan oleh budaya sekolah, melalui persamaan regresi Ŷ = 42,616 + 0,695X. Sisanya sebanyak 72,7% ditentukan oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif budaya sekolah terhadap karakter siswa. Hal ini menunjukkan bahwa untuk membangun karakter siswa yang baik maka harus memerhatikan budaya sekolah tersebut. Kata Kunci : Budaya Sekolah, Karakter siswa