TY - THES Y1 - 2019/08/02/ AV - public UR - http://eprints.unpak.ac.id/3602/ A1 - Muflihah, Siti A1 - Anwar, Wawan Syahiril A1 - Suchyadi, Yudhie ID - eprintsunpak3602 N2 - ABSTRAK Eva Lustiaini. 037115160. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Pamoyanan 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Penelitian ini terdapat hasil skor rata-rata N-Gain Model Discovery Learning sebesar 67, sedangkan skor rata-rata N-Gain Model Konvensional sebesar 45. Dilanjutkan dengan melakukan uji normalitas, kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lo hitung lebih kecil dari Ltabel. Kelas dengan model discovery learning diperoleh nilai Lo hitung 0,05 < Ltabel 0,14, dan kelas dengan model Konvensional diperoleh nilai Lo hitung 0,07 < Ltabel 0,13. Kemudian pada uji homogenitas varians diperoleh Fhitung 1,33 < Ftabel 1,66. Selanjutnya pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 9,39127 > ttabel 1,98861, karena nilai thitung lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata terdapat pengaruh penerapan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan pada peserta didik kelas V di SD Negeri Pamoyanan 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Laearning. M1 - Skripsi TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA ORGAN GERAK HEWAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada peserta didik kelas V-A dan V-B SD Negeri Pamoyanan 2 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 PB - Universitas Pakuan ER -