eprintid: 3602 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/36/02 datestamp: 2022-08-31 03:08:51 lastmod: 2022-09-19 03:29:52 status_changed: 2022-08-31 03:08:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muflihah, Siti creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Suchyadi, Yudhie creators_NPM: 037115075 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0427077402 creators_id: yudhie.suchyadi@unpak.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan S. contributors_name: Suchyadi, Yudhie contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0427077402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA ORGAN GERAK HEWAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada peserta didik kelas V-A dan V-B SD Negeri Pamoyanan 2 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Eva Lustiaini. 037115160. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Pamoyanan 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Penelitian ini terdapat hasil skor rata-rata N-Gain Model Discovery Learning sebesar 67, sedangkan skor rata-rata N-Gain Model Konvensional sebesar 45. Dilanjutkan dengan melakukan uji normalitas, kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lo hitung lebih kecil dari Ltabel. Kelas dengan model discovery learning diperoleh nilai Lo hitung 0,05 < Ltabel 0,14, dan kelas dengan model Konvensional diperoleh nilai Lo hitung 0,07 < Ltabel 0,13. Kemudian pada uji homogenitas varians diperoleh Fhitung 1,33 < Ftabel 1,66. Selanjutnya pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 9,39127 > ttabel 1,98861, karena nilai thitung lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata terdapat pengaruh penerapan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema Organ Gerak Hewan pada peserta didik kelas V di SD Negeri Pamoyanan 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Laearning. date: 2019-08-02 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Muflihah, Siti and Anwar, Wawan Syahiril and Suchyadi, Yudhie (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA ORGAN GERAK HEWAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada peserta didik kelas V-A dan V-B SD Negeri Pamoyanan 2 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3602/1/2019%20PGSD%20Siti%20M.pdf