eprintid: 3612 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/36/12 datestamp: 2022-08-31 03:19:25 lastmod: 2022-09-19 03:25:44 status_changed: 2022-08-31 03:19:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Santoso, Joko creators_name: Pursitasari, Indarini Dwi creators_name: Novita, Lina creators_NPM: 037116131 creators_NPM: 04096908 creators_NPM: 0412117404 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Pursitasari, Indarini Dwi contributors_name: Novita, Lina contributors_NIDN: 04096908 contributors_NIDN: 0412117404 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea Tahun Ajaran 2020/2021) ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Joko Santoso 037116131. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Bogor. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA dan IV B Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea kabupaten Bogor yang terdiri dari 41 responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar, ditunjukan dengan analisis statistic yang menghasilkan harga koefisien (rxy) sebesar 0,41. Ini menunjukan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1681 atau sebesar 16,81%. Hal ini berarti nilai disiplin belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 16,81% ditentukan faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antaran disiplin belajar terhadap kemandirian belajar. Hal ini berarti untuk meningkatkan kemandirian belajar harus meningkatkan disiplin belajar. Kata Kunci : Disiplin belajar, Kemandirian belajar date: 2021-06-16 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Santoso, Joko and Pursitasari, Indarini Dwi and Novita, Lina (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3612/1/2021%20PGSD%20JOKO%20SANTOSO.pdf