eprintid: 3613 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/36/13 datestamp: 2022-08-31 03:24:47 lastmod: 2022-09-19 03:27:47 status_changed: 2022-08-31 03:24:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriyani, Evi creators_name: Sarimanah, Eri creators_name: Suhendra, creators_NPM: 032115104 creators_NPM: 0019066501 creators_NPM: 0428047402 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sarimanah, Eri contributors_name: Suhendra, contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0428047402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CICURUG KABUPATEN SUKABUMI ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Evi Fitriyani “Penerapan Model Scramble Dalam Meningkatkan Keterampilan Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cicurug Kabupaten Sukabumi”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor 2019. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cicurug serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan pengamatan. Teknik sampel menggunakan cluster random sampling. Hipotesis pertama Penerapan model Scramble dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cicurug dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya tes awal kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata kelas 66,1 dapat diketahui keterampilan siswa cukup mampu dalam menulis teks eksplanasi, sedangkan tes akhir rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks eksplanasi meningkat menjadi 85,3 dengan taraf kemampuan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh thitung= 3,15 dan db = 62 dengan t taraf dituliskan menjadi signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 1,67<3,15> 2,39 menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Dengan demikian, penerapan model scramble dapat meningkatkan keterampilan teks eksplanasi meskipun masih ada beberapa kendala yang dialami siswa dalam menulis teks eksplanasi. Kata kunci: Keterampilan menulis, teks eksplanasi, model scramble. date: 2019-06-02 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fitriyani, Evi and Sarimanah, Eri and Suhendra (2019) PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CICURUG KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3613/1/2019%20PBSI%20Evi%20Fitriyani.pdf