%0 Thesis %9 Skripsi %A Tambunan, Juniarti Hanna %A Valdiani, Dini %A Alamsyah, Feri Ferdinan %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya, %B Ilmu Komunikasi %D 2019 %F eprintsunpak:3615 %I Universitas Pakuan %T ANALISIS STRATEGI HUMAS DALAM MENANGGAPI KELUHAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI MOBILE LARAS ONLINE DI PEMERINTAHAN KABUPATEN BOGOR %U http://eprints.unpak.ac.id/3615/ %X Hubungan Masyarakat Melakukan penelitian dengan judul Strategi Humas Dalam Menanggapi Keluhan Masyarakat Melalui Aplikasi Mobile Laras Online Pemerintahan Kabupaten Bogor, menyelenggarakan kewenangan urusan pemerintahan di bidang Komunikasi dan Informatika bertanggung jawab atas pengolahan informasi dalam lingkungan dan merupakan perangkat daerah sebagai pelaksana penyelenggaraan pemerintah daerah yang mempunyai tugas membantu Bupati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas dalam menanggapi keluhan masyarakat, demi meningkatkan kualitas pelayanan yang baik bagi masyarakat maka dengan tersedianya layanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Laras Online. Pelayanan kepada masyarakat salah satunya adalah memenuhi hak bertanya masyarakat tentang penyelenggaraan pemerintahan disamping itu juga memenuhi hak masyarakat untuk melakukan aspirasi atau keluahan tentang permasalahan yang mereka hadapi berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif deskriptif, sumber dan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah mewawancarai informan kunci dan informan, dokumentasi, wawancara, observasi serta keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian diketahui bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika merancang aplikasi tersebut dengan melihat perkembangan jaman yang dimana informasi manusia bisa melalui smartphone denga merancang aplikasi tersebut kita dapat melihat perkembangan jaman saat in masyarakat lebih menggunakan smartphone dalam menyampaikan aspira maupun keluhan.