%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh Customer Relationship Management (CRM) melalui asosiasi pembentukan merek terhadap loyalitas konsumen Makaroni Ngehe Alpha Bogor. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu CRM melalui Asosiasi Pembentukan Merek dan satu variabel terikat yaitu loyalitas konsumen. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel CRM adalah hal-hal yang termuat dalam asosiasi pembentukan merek seperti nilai yang dirasakan, kepribadian merek dan asosiasi organisasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT Sinergi Pangan Gemilang (Makaroni Ngehe) regional dua yaitu outlet Alpha Bogor pada bulan Januari sampai dengan April 2019 menggunakan teknik probability sampling dengan jumlah populasi sebanyak 231.846 dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 sampel. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket atau kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan uji korelasi rank spearman, regresi sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara CRM melalui Asosiasi Pembentukan Merek dengan loyalitas konsumen Makaroni Ngehe Alpha Bogor. %T PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) MELALUI ASOSIASI PEMBENTUKAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MAKARONI NGEHE ALPHA BOGOR %L eprintsunpak3620 %I Universitas Pakuan %D 2019 %A Vidya Rani Safitri %A IMANI SATRIANI %A Feri Ferdinan Alamsyah