TY - THES Y1 - 2019/11// AV - none UR - http://eprints.unpak.ac.id/3665/ A1 - Herlambang, Degi ID - eprintsunpak3665 N2 - ABSTRAKSI Mendapat informasi yang mudah, cepat dan akurat adalah suatu hal yang diinginkan setiap masyarakat, apalagi dengan berkembangnya teknologi sekarang ini yang membuat masyarakat jauh lebih mudah untuk mendapatkan informasi baik dari sosial media maupun media lainnya. Contoh dalam pendaftaran mahasiswa baru yang memerlukan banyak informasi bagaimana prosedur pendaftaran, apa saja yang diperlukan saat pendaftaran dan sebagainya. Penulisan ini membahas mengenai pembuatan suatu aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam mengakses informasi untuk keperluan pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Pakuan. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk menyajikan informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru yaitu, menampilkan prosedur pendaftaran, tata cara pendaftaran, metode pembayaran, maupun informasi mengenai sarana dan prasarana yang berada di Universitas Pakuan berbasis chatbot. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Python dan memanfaatkan Telegram API untuk dapat hosting aplikasi ini dan dapat berjalan di aplikasi Telegram. Metode penelitian yang digunakan adalah Knowledge Management System (KMS), yaitu untuk bagaimana sistem ini mendapatkan data baik dari survei lapangan maupun survei dokumen. Serta mengacu pada metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahap perencanaan, tahap analisis, tahap perancangan, tahap implementasi, tahap uji coba dan tahap pemeliharaan. Pengujian aplikasi menggunakan uji coba confussion matrix yang mana menguji setiap data uji dan data latih yang mana didapatkan tingkat akurasi yang cukup memuaskan untuk aplikasi ini. Kata Kunci: Chatbot, Universitas Pakuan, Python, Telegram API M1 - Skripsi TI - PENGEMBANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PAKUAN BERBASIS CHATBOT PB - Universitas Pakuan ER -