TY - THES N2 - Muhammad Humam Al-Abid Marris. 036115049. Pengembangan Bahan Ajar Komik Webtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas XI. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd., dan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar komik webtoon sebagai sarana pendukung pembelajaran biologi serta membantu siswa mencari sumber bacaan alternatif materi struktur dan fungsi sel saraf penyusun jaringan saraf pada sistem koordinasi dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilaksankan mulai Maret hingga Juli 2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 3 Cibinong tahun akademik 2018/2019. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas perlakuan dengan model pretest-posttest control group design yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol lebih rendah dibanding kelas perlakuan yaitu 68,50 dan 73,17 dengan nilai KKM Biologi 72. Pada uji beda rata?rata (uji t) pada taraf signifikan ? = 5% diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,4450 > 2,002) maka hipotesis dapat diterima. Bedasarkan nilai validasi oleh ahli yaitu 79% (cukup valid) dan hasil dari angket respon siswa mendapat respon postitif yaitu 83,3%. Hasil analisis N-gain pada kelas perlakuan ialah 0,53 (sedang) sehingga bahan ajar komik webtoon materi struktur dan fungsi sel syaraf penyusun jaringan syaraf pada sistem koordinasi valid serta secara signifikan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Bahan Ajar, Komik Webtoon, Sistem Saraf, Hasil Belajar A1 - Al-Abid Marris, Muhammad Umam A1 - Hidayat, Nandang A1 - Rostikawati, Teti Y1 - 2019/06/01/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/3688/ PB - Universitas Pakuan TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA KELAS XI ID - eprintsunpak3688 AV - public M1 - Skripsi ER -