%A Nanda Rahmadina %A Nedin Badruzzaman %A Ratih Purnamasari %I Universitas Pakuan %D 2019 %X ABSTRAK Nanda Rahmadina. 03715050. Hubungan Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Korelasional Efikasi Diri (X) dan Kemandirian Belajar (Y). Penelitian siswa kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 01 Kecamatan Ciomas yang berjumlah 73 orang siswa, sampel yang diambil 43 siswa diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Instrumen penelitian ini berupa angket. Uji validitas instrument menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reabilitas menggunakan Alfa cronbach. Pengujian prasyarat analisis berupa Liliefors. Setelah dari uji normalitas dilakukan pengujian homogenitas dengan Uji Fisher untuk realibel digunakan untuk mengunakan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,84 sangat kuat dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebsar 70%.Teknik analisis regresi menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam persamaan regresi yaitu Ŷ(25,3+ 0,89x). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara Efikasi Diri dengan Kemandiran Belajar kelas IV A dan IV B. Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 01 Kabupaten Bogor Semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Efikasi Diri, Kemandirian Belajar. %L eprintsunpak3701 %T HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Pada Siswa Kelas IV A dan IV B di Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.