eprintid: 3702 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/37/02 datestamp: 2022-08-31 04:24:04 lastmod: 2022-09-19 04:06:58 status_changed: 2022-08-31 04:24:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Meilinar, Arin creators_name: Sukmanasa, Elly creators_name: Permana, Irvan creators_NPM: 037115070 creators_NPM: 0429076901 creators_NPM: 0419047702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sukmanasa, Elly contributors_name: Permana, Irvan contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0419047702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini denganPendekatanPenelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV-B IV-C dan IV-D Sekolah Dasar Negeri GunungBatu 02 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ArinMeilinar 037115070. PerbedaanHasilBelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah Tempat TinggalkuMelalui Model PembelajaranDiscovery Learningdan Model PembelajaranProblem Basd Learning. Skripsi.Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarFakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasPakuan Bogor 2019.Penelitianinidengandesainpenelitianeksperimen quasi.TujuanutamapenelitianiniadalahuntukmengetahuiPerbedaanHasilBelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkuMelalui Model PembelajaranDiscovery Learningdan Model PembelajaranProblem Based Learning.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas IV-B, IV-C, dan IV-D SekolahDasarNegeriGunungBatu 02 Kota Bogor yang terdiridari 100 siswa.Penelitiandilaksanakan semester genaptahunpelajaran 2018/2019.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarpadaujinormalitasketigasampelberdistribusi normal karenanilaiLhitung ≤ Ltabel.Kemudianpadaujihomogenitasdidapatkannilaix2hitungsebesar 4,14 ≤ x2tabel 5,991, maka: TerdapatperbedaanhasilbelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkumelalui model pembelajaranDiscovery LearningdiperolehnilaiN-Gain 77,00 denganketuntasanhasilbelajar 100%, dan model pembelajarankonvensionaldiperolehnilaiN-Gain 66,00 denganketuntasanhasilbelajar 94%. Serta hasilpengujianhipotesismenyatakanbahwaHoditolakdan Ha diterimakarenathitung(4,5127) >ttabel (1,997). TerdapatperbedaanhasilbelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkumelalui model pembelajaranProblem Based LearningdiperolehnilaiN-Gain 71,00 denganketuntasanhasilbelajar 97% dan model pembelajarankonvensionaldiperolehnilaiN-Gain 66% denganketuntasanhasilbelajar 94%. Serta hasilpengujianhipotesismenyatakanbahwaHoditolakdan Haditerimakareathitung (2,4890) >ttabel(1,996). TerdapatperbedaanhasilbelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkumelalui model pembelajaranDiscovery learning diperolehnilaiN-Gain 77,00 denganketuntasanhasilbelajar 100% dan model Problem Based LearningdiperolehnilaiN-Gain 71,00 denganketuntasanhasilbelajar 97%. Serta hasilpengujianhipotesismenyatakanbahwaHoditolakdan Ha diterimakarenathitung(2,8828) >ttabel (1,997). Berdasarkanhasilpenelitian di atas, dapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalkumelalu model pembelajaranDiscovery Learning dan model pembelajaranProblem Based Learning, serta model pembelajaran yang paling efektifadalah model Discovery Learning. Kata Kunci : HasilBelajarSubtemaBanggaTerhadap Daerah TempatTinggalku, Discovery Learning,Problem Based Learning. date: 2019-06-11 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Meilinar, Arin and Sukmanasa, Elly and Permana, Irvan (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini denganPendekatanPenelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV-B IV-C dan IV-D Sekolah Dasar Negeri GunungBatu 02 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3702/1/2019%20PGSD%20ARIN%20MEILINAR.pdf