eprintid: 3709 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/37/09 datestamp: 2022-08-31 04:36:58 lastmod: 2022-09-19 04:03:42 status_changed: 2022-08-31 04:36:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Ismayanti creators_name: Badruzzaman, Nedin creators_name: Sundari, Fitri Siti creators_NPM: 037116168 creators_NPM: 8807070018 creators_NPM: 0422127105 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_name: Sundari, Fitri Siti contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DISKALKULIA Studi kasus dengan Penelitian Kualitatif di kelas V Sekolah Dasar Negeri Perwira Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Ismayanti Lestari. 037116168. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Diskalkulia. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dengan studi kasusPenelitian Kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia kelas V di Sekolah Dasar Negeri Perwira Bogor dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah salah satu siswa kelas V SDN Perwira Bogor yang mengalami kesulitan belajar matematika atau diskalkulia. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan terhadap temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam belajar matematika dalam berhitung terutama dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Metode mengajarnya pun harus berulang-ulang dan menggunakan cara sistem menyimpan di mulut dan menggunakan jari dapat membuat anak lebih cepat untuk paham. Ketika di kelas, “R” harus selalu diberikan motivasi dalam belajar yang dapat membangkitkan siswa yang mengalami hambatan dalam belajar matematika dapat semangat untuk belajar dikarenakan “R” memilki rasa percaya diri yang kurang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data dapat dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan terhadap temuan penelitian sehingga dapat menganalisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia tahun ajaran 2019/2020 dengansubjek penelitian yaitu salah satu siswa kelas V SDN Perwira Bogor yang mengalami kesulitan belajar matematika atau diskalkulia. Kata Kunci: Kesulitan Belajar matematika, Diskalkulia date: 2020-07-04 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Lestari, Ismayanti and Badruzzaman, Nedin and Sundari, Fitri Siti (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DISKALKULIA Studi kasus dengan Penelitian Kualitatif di kelas V Sekolah Dasar Negeri Perwira Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3709/1/2020%20PGSD%20Ismayanti%20Lestari.pdf