eprintid: 3714 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/37/14 datestamp: 2022-08-31 04:35:16 lastmod: 2022-09-19 03:57:38 status_changed: 2022-08-31 04:35:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Meliawati, Nisa Nursaumi creators_name: Herfina, creators_name: Windiyani, Tustiyana creators_NPM: 037115047 creators_NPM: 0403087102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Herfina, Herfina contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DEMONSTRASI Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Pajeleran 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Nisa Nursaumi Meliawati, 037115047. Perbedaan Hasil Belajar Organ Gerak Hewan melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning dan Demonstrasi terhadap hasil belajar subtema organ gerak hewan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Eksperimen Quasi desain tiga grup. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Pajeleran 01 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor pada kelas V semester ganjil 2019/2020. Instrumen yang digunakan yaitu sebuah tes pilihan ganda sebanyak 23 Butir soal, dengan koefisien 0,89,teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t. pada uji normalitas, ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Setelah itu uji hipotesis model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Demonstrasi mendapatkan nilai thitung sebesar (2,36) lebih besar dari ttabel sebesar (1,99210), dari hasil tersebut menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Demonstrasi terhadap hasil belajar organ gerak hewan Kata kunci: Hasil belajar, Discovery Learning, Demonstrasi date: 2019-08-12 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Meliawati, Nisa Nursaumi and Herfina and Windiyani, Tustiyana (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DEMONSTRASI Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Pajeleran 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3714/1/2019%20PGSD%20Nisa%20N.%20M.pdf