TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/3723/ Y1 - 2020/05/16/ M1 - Skripsi ID - eprintsunpak3723 N2 - E-commerce merupakan konsep baru yang bisa digunakan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada Word Wide Web internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis seberapa besar pengaruh electronic word of mouth terhadap proses keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu electronic word of mouth dan satu variabel terikat yaitu proses keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jakarta yang pernah menggunakan 5 top e commerce di Indonesia (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis non parametik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara electronic word of mouth terhadap proses keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce di Indonesia sebesar 56 persen, sedangkan sisanya 44 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya. A1 - Rahma, Anisa Nurul A1 - SATRIANI, IMANI A1 - PUSPANIDRA, TIARA TI - PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN E-COMMERCE DI INDONESIA AV - public PB - Universitas Pakuan ER -