@phdthesis{eprintsunpak3725, author = {Apriliani Nurul Hajijah and Yuyun Elizabeth Patras and Nintin Nurlela}, title = {HUBUNGANINTERAKSISOSIALDENGANKEMANDIRIAN BELAJARSISWA StudiKurikulum2013inidenganPendekatanSurveyKorelasionalpada SiswaKelasVdiSekolahDasarNegeriKaumpandak02SemesterGenap TahunPelajaran2019/2020}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2020}, month = {January}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/3725/}, abstract = {Penelitian inidilakukan menggunakan pendekatan kuantitatifmelalui pendekatankorelasionalyangterdiridariduavariabelyaituinteraksisosial sebagaivariabelbebasdankemandirianbelajarsiswasebagaivariabel terikat.Tujuanutamapenelitianiniadalahuntukmengetahuihubungan antara interaksisosialdengan kemandirian belajar siswa.Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A,V-B ,SD NegeriKaumpandak 02 Karadenanyangterdiridari40sampelresponden.Pelaksanaanpenelitian dilakukanpadasemesterganjiltahunpelajaran2019/2020.Ujivaliditas instrumenmenggunakanrumusPearsonProductMoment.Ujipersyaratan analisisdatamenggunakanujiNormalitas,Homogenitas,danLinearitas. Nilairata-ratapadavariabelinteraksisosialsebesar94,5dannilairata-rata pada variabelkemandirian belajarsiswa yaitu sebesar96,4.Hasil penelitianmenunjukkanbahwaterdapathubunganpositifinteraksisosial dengankemandirianbelajarsiswa,ditunjukkandengananalisisstatistik yangmenghasilkanhargakoefisienkorelasi (rxy) sebesar0,78yang berartikuat.Inimenunjukkanadanyahubunganpositifinteraksisosial dengankemandirianbelajarsiswa,sedangkankoefisiendeterminasi(r2) sebesar0,61atausebesar61\%.Haliniberartinilaihubunganinteraksi sosialdengankemandirianbelajarsiswasebesar61\%,melaluipersamaan regresi{\^Y}= 20,81+0,80X Berdasarkan hasilpenelitian diatas,dapat disimpulkan bahwa terdapathubungan positifantara interaksisosial dengankemandirianbelajarsiswa. Katakunci:InteraksiSosial,KemandirianBelajarSiswa} }