%T HUBUNGANINTERAKSISOSIALDENGANKEMANDIRIAN BELAJARSISWA StudiKurikulum2013inidenganPendekatanSurveyKorelasionalpada SiswaKelasVdiSekolahDasarNegeriKaumpandak02SemesterGenap TahunPelajaran2019/2020 %L eprintsunpak3725 %D 2020 %X Penelitian inidilakukan menggunakan pendekatan kuantitatifmelalui pendekatankorelasionalyangterdiridariduavariabelyaituinteraksisosial sebagaivariabelbebasdankemandirianbelajarsiswasebagaivariabel terikat.Tujuanutamapenelitianiniadalahuntukmengetahuihubungan antara interaksisosialdengan kemandirian belajar siswa.Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A,V-B ,SD NegeriKaumpandak 02 Karadenanyangterdiridari40sampelresponden.Pelaksanaanpenelitian dilakukanpadasemesterganjiltahunpelajaran2019/2020.Ujivaliditas instrumenmenggunakanrumusPearsonProductMoment.Ujipersyaratan analisisdatamenggunakanujiNormalitas,Homogenitas,danLinearitas. Nilairata-ratapadavariabelinteraksisosialsebesar94,5dannilairata-rata pada variabelkemandirian belajarsiswa yaitu sebesar96,4.Hasil penelitianmenunjukkanbahwaterdapathubunganpositifinteraksisosial dengankemandirianbelajarsiswa,ditunjukkandengananalisisstatistik yangmenghasilkanhargakoefisienkorelasi (rxy) sebesar0,78yang berartikuat.Inimenunjukkanadanyahubunganpositifinteraksisosial dengankemandirianbelajarsiswa,sedangkankoefisiendeterminasi(r2) sebesar0,61atausebesar61%.Haliniberartinilaihubunganinteraksi sosialdengankemandirianbelajarsiswasebesar61%,melaluipersamaan regresiƶ= 20,81+0,80X Berdasarkan hasilpenelitian diatas,dapat disimpulkan bahwa terdapathubungan positifantara interaksisosial dengankemandirianbelajarsiswa. Katakunci:InteraksiSosial,KemandirianBelajarSiswa %I Universitas Pakuan %A Apriliani Nurul Hajijah %A Yuyun Elizabeth Patras %A Nintin Nurlela