@phdthesis{eprintsunpak3728, school = {Universitas Pakuan}, author = {Sinta Devi Lestari and Sardi Duryatmo and Prasetyo Adinugroho}, title = {ANALISIS STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BOGOR DALAM MEMPERKENALKAN BATIK BOGOR}, month = {June}, year = {2020}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/3728/}, abstract = {Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor adalah instansi yang bertujuan mengembangkan konsep perekonomian di era ekonomi baru. Dalam pelaksanaan pengembangan ekonomi kreatif di Kota Bogor Disparbud melakukan suatu kegiatan untuk memperkenalkan batik bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan dan strategi marketing public relations dalam memperkenalkan batik Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Jenis dan data sumber menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Disparbud sudah melaksanakan kegiatan marketing public relations dengan melaksanakan 3 strategi marketing public relations meliputi push, pull, pass strategy (Duncan dalam Nurbani, 2010) untuk kegiatan marketing public relations dalam mencapai tujuannya. Push strategy dengan melakukan promosi melalui online, Juga secara offline melalui event dan secara face to face ke instnasi-instansi. Selain itu promosi ini dilakukan dengan memperkenalkan kampung Cibuluh yang sudah dicanangkan sebagai kampung batik yang nantinya secara langsung batik bogor terpromosikan kepada wisatawan yang datang. Adapun Pull strategy dengan melakukan kegiatan media event mengadakan event Bogor batik run itu cukup menarik perhatian media juga setiap hari besar seperti hari jadi Bogor kegiatan yang dilakukan yaitu mencanting dengan 100 anak dan juga mencanting dengan 100 mahasiswa dari Jepang. Nigeria, dan Thailand. Di dalam strategi ini ada juga pameran pernah ikut serta saat lomba desain motif batik tulis bogor di acara gebyar ekraf dan di inakraf. Dalam acara atau pameran yang berlangsung ada kegiatan sampling, dan juga ada endorse ketika acara MOKA Kota Bogor, yang nantinya batik bogor tersebut dipakai oleh para peserta MOKA Kota Bogor. Adapun publikasi yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Publikasi, yang dilakukan melalui media sosial instagram, melalui poster, flyer dan media koran, Pass strategy menjangkau masyarakat yang tebal terhadap suatu kegiatan seperti publikasi melalui media. Maka strategi ini pun dilakukan dengan mengadakan program peduli yang diadakan oleh komunitas batik bogor yaitu mencanting gratis dengan anak-anak jalanan. Kemudian sponsorship, dinas pariwisata dan kebudayaan kota Bogor menfasilitasi kegiatan yang akan dilakukan oleh perajin batik di kampung batik cibuluh, lalu sponsorship yang dilakukan pada saat acara MOKA Kota Bogor dan di setiap acara KCBI (Komunitas cinta berkain). Dengan melaksanakan kegiatan dan strategi marketing public relations oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor dapat memperkenalkan batik Bogor.} }