%D 2020 %T ANALISIS STRATEGI HUMAS DINAS PENDIDIKAN KOTA BOGOR DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %L eprintsunpak3741 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis strategi Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor melalui program sekolah ramah anak. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana analisis strategi Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam implementasi program sekolah ramah anak pada pendidikan anak usia dini, Apa saja faktor pendukung dan penghambat Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor implementasi program sekolah ramah anak pada pendidikan anak usia dini. Adapun yang menjadi informan kunci adalah Tuti Eryani selaku Kasi Sub. Bagian Paud, Sri Herlina Nasution, selaku Kepala Bidang bag. Paud dan Irvan Verdian selaku staf sub. Bagian Perencanaan dan Pelaporan Dinas Pendidikan Kota Bogor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi humas seperti strategi pendekatan operasional, pendekatan persuasif dan edukatif, pendekatan tanggung jawab sosial, pendekatan kerja sama, pendekatan koordinatif dan intergratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan telah melakukan penerapan program sekolah ramah anak pada pendidikan anak usia dini. Perenapan program sekolah ramah anak sangatlah penting untuk menunjang sistem pendidikan dalam memberikan pendidikan kepada anak usia dini. Dalam penerapan progeam sekolah ramah anak pada pendidikan anak usia dini yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Bogor hanya melakukan beberapa stategi humas. Bentuk stategi humas tersebut dianggap sebagai cara yang paling efektif. Kata Kunci: Implementasi, Sekolah ramah anak, Strategi Humas %A NURIL FATIHAH %A Ratih Siti Aminah %A Dwi Rini Sovia Firdaus %I Universitas Pakuan