%0 Thesis %9 Skripsi %A Hanifah, Nur Maya %A Hidayat, Rais %A Nurlela, Nintin %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B PGSD %D 2019 %F eprintsunpak:3754 %I Universitas Pakuan %T HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PenelitianKuantitatif dengan Pendekatan Korelasionaldi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 3Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran2018/2019 %U http://eprints.unpak.ac.id/3754/ %X Nur Maya Hanifah. 037115023. Hubungan Interaksi Sosial dengan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif studi korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interaksi sosial terhadap kemandirian belajar siswa. Dilakukan dengan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang interaksi sosial dan kemandirian belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kebon Pedes 3 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Kelas IV yang terdiri dari empat rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 128 siswa, sampel yang diambil sebanyak 57 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukkan bahwa hubungan interaksi sosial dengan kemandirian belajar siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 26,46 + 0,69X artinya setiap kenaikan unit nilai interaksi sosial akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,69 unit dengan harga Fhitung sebesar 7,12 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,02ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,77. Ini menunjukkan adanya hubungan interaksi sosial terhadap kemandirian belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,60 atau 60%. Sisanya sebanyak 40% ditentukan oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dengan kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 3 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Interaksi Sosial, Kemandirian Belajar Siswa.