eprintid: 3756 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/37/56 datestamp: 2022-08-31 11:36:02 lastmod: 2022-09-19 04:19:43 status_changed: 2022-08-31 11:36:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yuningsih, Risma creators_name: Sukmanasa, Elly creators_name: Windiyani, Tustiyana creators_NPM: 037115126 creators_NPM: 0429076901 creators_NPM: 0403087102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sukamanusa, Elly contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Risma Yuningsih, 037115126. Perbedaan hasil belajar subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning dan model Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Quasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor pada kelas VA, Vb dan VC Semester Ganjil Tahun 2019/2020. Teknis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas galat data, uji homegenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh nilai N-Gain 76 dengan ketuntasan hasil belajar 97,2%, dan model pembelajaran Discovery Learning memperoleh nilai N-Gain 70 dengan ketuntasan hasil belajar 88,6%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,352) > ttabel (1,99495). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar subtema manusia dan lingkungan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning. Model pembelajaran yang paling efektif pada subtema manusia dan lingkungan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Discovery Learning date: 2019-10-12 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Yuningsih, Risma and Sukmanasa, Elly and Windiyani, Tustiyana (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3756/1/2019%20PGSD%20Risma%20Y.pdf