relation: http://eprints.unpak.ac.id/3762/ title: PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR Penelitian dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap 2018/2019 creator: Nurani, Sarah creator: Hidayat, Rais creator: Novita, Lina subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: ABSTRAK Sarah Nurani 037115168. Pengaruh Bullying terhadap Prestasi Belajar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2019.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Bullying terhadap Prestasi Belajar. Data Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala Likert untuk variabel Bullying. Uji validitas instrumen Bullying dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genao 2018/2019 yang berjumlah 107. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan realibilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan memberikan instrumen yang valid dan reliabel kepada sampel. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bullying terhadap prestasi belajar, dengan analisis statistik diperoleh harga koefisien korelasi sebesar -0,30 dan diperoleh thitung sebesar -2,23. Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh bullying terhadap prestasi belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,09 atau sebesar 9,0%. Hal ini berarti nilai prestasi belajar siswa sebesar 9,0% dipengaruhi oleh bullying, melalui persamaan regresi Ŷ = 91,6 + -0,25x. Sedangkan sebesar 91% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bullying terhadap prestasi belajar. Kata kunci : Bullying, Prestasi Belajar date: 2019-07-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/3762/1/2019%20PGSD%20Sarah%20N.pdf identifier: Nurani, Sarah and Hidayat, Rais and Novita, Lina (2019) PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR Penelitian dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.