eprintid: 3768 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/37/68 datestamp: 2022-08-31 11:36:39 lastmod: 2022-09-19 04:23:20 status_changed: 2022-08-31 11:36:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aprilianita, Dita creators_name: Badruzzaman, Nedin creators_name: Permana, Irvan creators_NPM: 037115251 creators_NPM: 8807070018 creators_NPM: 0419047702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_name: Permana, Irvan contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 0419047702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA BENDA DALAM KEGIATAN EKONOMI Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Dita Aprilianita. 037115251. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Kelas V SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal yang terdiri dari gaya belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada subtema benda dalam kegiatan ekonomi kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V-B, V-C, dan V-D dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk variabel gaya belajar, dan instrumen soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada subtema benda dalam kegiatan ekonomi kelas V SD dengan persamaan regresi Ŷ = -16,59 + 0,97x. hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel gaya belajar akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar sebesar 0,97 unit. Kekuatan pengaruh dari gaya belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,835. Besarnya konstribusi pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 70%, sedangkan sisanya 30% dipengeruhi oleh faktor-faktor lain. Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar date: 2019-08-04 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Aprilianita, Dita and Badruzzaman, Nedin and Permana, Irvan (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA BENDA DALAM KEGIATAN EKONOMI Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3768/1/2019%20PGSD%20Dita%20Aprilianita.pdf