%0 Thesis %9 Skripsi %A PASHA, MAULANA KEMAL %A AMALIASARI, DIANA %A SATRIANI, IMANI %A UNIVERSITAS PAKUAN, %A FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA, %A ILMU KOMUNIKASI, %B ILMU KOMUNIKASI %D 2019 %F eprintsunpak:3775 %I UNIVERSITAS PAKUAN %T STRATEGI PENYIARAN PROGRAM INDIKA BIG 90s DI RADIO 91.6 INDIK F82 DALAM MEMPERTAHANKAN MINAT PENDENGAR RADIO DI KOTA JAKARTA %U http://eprints.unpak.ac.id/3775/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh tim program INDIKA BIG 90s di radio 916 INDIKA FM dalam upaya mempertahankan pendengar radio di kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan Teori Penayangan yang dikemukakan oleh Head-Sterling, yaitu Head to head, Program Tandingan, Bloking program, Pendahuluan Kuat, Strategi Buaian, Penghalangan, dan Strategi lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, karena penelitian ini membutuhkan observasi di lapangan, dan juga peneliti melakukan wawancara terhadap para narasumber yang berkaitan dengan penelitian ini untuk mendapatkan data yang valid. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena peneliti ingin menjabarkan atau menggambarkan strategi-strategi yang diterapkan tim program INDIKA BIG 90s dalam upaya mempertahankan pendengarnya di radio 91.6 INDIKA FM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kesesuaian antara teori dengan praktik yang terjadi di lapangan, dari 7 teori yang ada di dalam teori penayangan tersebut ada 4 teori yang diterapkan yaitu Head to head, Program tandingan, Pendahuluan kuat, dan Strategi lainnya. Adapun yang menjadi perhatian khusus dalam memperkuat strategi sertah upaya dalam mempertahankan pendengar oleh tim program INDIKA BIG 90s adalah strategi lainnya yaitu konsistensi yang dengan sendirinya membentuk karakter program tersebut sehingga pendengar pun dengan sendirinya akan terbiasa dengan format yang dipertahankan oleh progam INDIKA BIG 90s itu sendiri.