eprintid: 3778 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/37/78 datestamp: 2022-08-31 11:37:27 lastmod: 2022-09-19 04:28:18 status_changed: 2022-08-31 11:37:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prasetyo Dwi, Bagus Muhammad creators_name: Patras, Yuyun Elizabeth creators_name: Purnamasari, Ratih creators_NPM: 037115129 creators_NPM: 0427077704 creators_NPM: 0406068603 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Patras, Yuyun Elizabeth contributors_name: Purnamasari, Ratih contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0406068603 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Desain Tiga Grup Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC SDN Semeru 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Muhamad Bagus Dwi Prasetyo 037115129. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Skripsi. Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika materi penyajian data melalui model discovery learning dan model problem based learning dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semeru 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor kelas VA, VB, dan VC pada bulan April semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pada uji normalitas ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai x^2hitung sebesar 0,51 ≤ x^2tabel 5,991, maka: Terdapat perbedaan hasil belajar matematika materi penyajian data melalui model Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata N-Gain 67 dengan ketuntasan hasil belajar 91,67%, dan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata N-Gain 49 dengan ketuntasan hasil belajar 69,7%. Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,9) > ttabel (1,99601). Terdapat perbedaan hasil belajar matematika materi penyajian data melalui model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata N-Gain 58 dengan ketuntasan hasil belajar 87,5% dan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata N-Gain 49 dengan ketuntasan hasil belajar 69,7%. Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,39) > ttabel (1,99834). Terdapat perbedaan hasil belajar matematika materi penyajian data melalui model Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata N-Gain 67 dengan ketuntasan hasil belajar 91,67% dan model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata N-Gain 49 dengan ketuntasan hasil belajar 87,5% . serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,54) > ttabel (1,99656). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika materi penyajian data melalui model Discovery Learning dan model Problem Based Learning, serta model pembelajaran yang paling efektif adalah model Discovery Learning. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Discovery Learning, dan Model Problem Based Learning. date: 2019-06-28 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Prasetyo Dwi, Bagus Muhammad and Patras, Yuyun Elizabeth and Purnamasari, Ratih (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Desain Tiga Grup Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC SDN Semeru 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3778/1/2019%20PGSD%20M.%20Bagus%20D.%20P.pdf