<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS DAN K-MEDIANS UNTUK \r\nPENENTUAN ROLE HERO YANG COCOK BAGI PEMAIN \r\nMOBILE LEGEND"^^ . "Abstrak \r\nGame Mobile Legend merupakan permainan bersifat real time dimainkan dengan \r\nkerjasama tim. Pada game ini terdapat 6 role hero yaitu Tank, Support, Fighter, Assassin, \r\nMage dan Marksman. Pada penelitian ini akan dicari mana role hero yang cocok bagi \r\npemain Mobile Legend dengan menggunakan teknologi data mining, salah satunya adalah \r\ndengan tehnik clustering. K-Means dan K-Medians merupakan metode yang dapat \r\nmengelompokkan data berdasarkan karakteristiknya, sehingga data yang berada dalam \r\ncluster memiliki tingkat variasi yang kecil. Implementasi pada penelitian ini \r\nmenggunakan bahasa pemograman Python. Hasil clustering yang didapatkan pada \r\npenelitian ini ditunjukkan untuk merekomendasikan hero mana yang paling digunakan \r\noleh pemain. Berdasarkan clustering yang telah dilakukan menunjukan bahwa dari total \r\n566 data dengan jumlah 6 cluster pada algoritma K-Means yaitu rekomendasi role hero \r\nTank 102 data, Support 86 data, Fighter 132 data, Assassin 99 data, Mage 86 data, dan \r\nMarksman 61 data, kemudian rekomendasi role hero pada algoritma K-Medians yaitu \r\nTank 78 data, Support 76 data, Fighter 72 data, Assassin 161 data, Mage 110 data, dan \r\nMarksman 69 data. Hasil evaluasi cluster yang telah didapatkan menggunakan metode \r\nDavies Bouldin Index menunjukkan bahwa pada algoritma K-Means semakin sedikit \r\njumlah cluster yang digunakan hasil clustering yang diperoleh semakin optimal. Pada \r\nalgoritma K-Medians hasil clustering yang lebih optimal terdapat pada jumlah 4 cluster. \r\nBerdasarkan hasil evaluasi yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa algoritma K�Means memiliki hasil clustering lebih optimal daripada algoritma K-Medians dalam \r\npenentuan role hero yang cocok bagi pemain Mobile Legend. \r\nKata Kunci : K-Means, K-Medians, clustering, Mobile Legend, hero."^^ . "2021-06" . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Ilmu Komputer, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . <> . <> . . "Aries"^^ . "Maesya"^^ . "Aries Maesya"^^ . . "Prihastuti"^^ . "Harsani"^^ . "Prihastuti Harsani"^^ . . "Andre"^^ . "Jan Febry"^^ . "Andre Jan Febry"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "FMIPA"^^ . . . "Ilmu Komputer"^^ . . . . . . "HTML Summary of #3791 \n\nPENERAPAN ALGORITMA K-MEANS DAN K-MEDIANS UNTUK \nPENENTUAN ROLE HERO YANG COCOK BAGI PEMAIN \nMOBILE LEGEND\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Komputer"@en . .