TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/3801/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Safitri, Indah Indriyani A1 - Patras, Yuyun Elizabeth A1 - Anjaswuri, Fitri TI - HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR Studi Korelasional di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Tlajung Udik Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/ 2020. ID - eprintsunpak3801 Y1 - 2019/10/15/ N2 - ABSTRAK Indah Indriyani Safitri 037115187. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Disiplin Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan disiplin belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Tlajung Udik Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang diambil 47 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Uji validitas instrumen pola asuh orang tua dan disiplin belajar dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu ? = 15,19+0,97X, Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,65. Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,42 atau sebesar 42%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana hubungan pola asuh orang tua dengan disiplin belajar menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu ? = 15,19 + 0,97x, yang berarti setiap kenaikan unit pola asuh orang tua menyebabkan kenaikan disiplin belajar 0,97 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara hubungan pola asuh orang tua dengan disiplin belajar kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 04 Tlajung Udik Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar ER -