@phdthesis{eprintsunpak3804, author = {FITRI LUTFIANI and PRASETYO ADI NUGROHO and Dwi Rini Sovia Firdaus}, title = {ANALISIS STRATEGI HUMAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN KOTA PADANG PARIAMAN DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA (JKK) DAN JAMINAN KEMATIAN (JKM)}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2020}, month = {April}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/3804/}, abstract = {Humas merupakan strategi dalam manajemen perusahaan yang melakukan komunikasi untuk menimbulkan pemahaman dan penerimaan publik yang dituju. Program jaminan terbagi atas Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM. Program-program Jaminan Sosial memiliki tujuan tersendiri khususnya JKK dan JKM bertujuan untuk memberikan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian sesuai dengan kebutuhan dasar bagi setiap peserta atau anggota keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sosialisasi yang dilakukan humas BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis (KCP) Kota Padang Pariaman dalam menyosialisasikan program JKK dan JKM. Teknik yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang dikemukakan adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan analisis Strategi Komunikasi (Mengenal Khalayak, Penyusunan Pesan, Menetapkan Metode dan Penggunaan Media), dengan menggunakan keempat hal tersebut kita dapat mengetahui strategi komunikasi yang digunakan BPJS Ketenagakerjaan KCP Kota Padang Pariaman. Pada dasarnya tujuan komunikasi yang paling mendasar dari kegiatan komunikasi adalah menciptakan pemahaman, untuk mencapai tujuan dalam memotivasi para pekerja untuk menggunakan program JKK dan JKM, maka BPJS Ketenagakerjaan perlu didukung oleh suatu strategi komunikasi yang efektif agar pesan yang disampaikan dapat meningkatkan peserta program JKK dan JKM. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Strategi Humas BPJS Ketenagakerjaan KCP Kota Padang Pariaman dalam Menyosialisasikan Program JKK dan JKM berkaitan. dengan persoalan pengenalan khalayak yang menjadi sasaran dari program JKK dan JKM yaitu penerima upah dan bukan penerima upah. Mengenai penyusunan pesan melalui sosialisasi, metode penyampaian pesan informatif, edukaif, persuasi. Pemilihan media melalui media komunikasi secara langsung (face to face), media tayang/visual (slide power point, video dan gambar) dan media lain seperti poster. dan promosi. Kata Kunci: BPJS Ketenagakerjaan, Program JKK dan JKM, Sosialisasi.} }