%D 2019 %T ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN Studi Kasus Dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Kampung Sawah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 %L eprintsunpak3808 %X ABSTRAK Verial Cantika. 037115283. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali informasi mengenai faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan. Subyek penelitian adalah salah satu peserta didik kelas II Sekolah Dasar yang terdiri dari 56 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dari peserta didik, guru serta orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek sering melamun, tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran, lebih suka buku bacaan yang bergambar, sulit berkonsenterasi sedangkan dalam cara membaca permulaannya subyek diberikan contoh sebelum membaca huruf atau kata, ia tidak bisa membaca sendiri. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hambatan pembelajaran membaca permulaan pada diri peserta didik. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi apa saja faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan. Kata kunci: Faktor penghambat pembelajaran, Membaca permulaan, Pendekatan penelitian Kualitatif. %A Vertikal Cantika %A Yuyus Rustandi %A Ade Wijaya %I Universitas Pakuan