TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/3809/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Syazwani, Nadia A1 - Kurnia, Dadang A1 - Wijaya, Ade TI - ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNADAKSA JENIS CELEBRAL PALSY Studi Kasus Dengan Pendekatan Kualitatif Pada Siswa Kelas II di Sekolah Dasar Negeri 06 Sawangan Kota Depok Tahun Pelajaran 2018/2019 ID - eprintsunpak3809 Y1 - 2019/09/16/ N2 - Nadia Syazwani 037115233. Analisis Keterampilan Menulis Permulaan Pada Anak Tunadaksa Jenis Cerebral Palsy. Skripsi.. Program Studi Pendidikan Guru Ssekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis permulaan pada anak tunadaksa yang terdiri dari 1 peserta didik. Peneitian ini dilaksanakan di SDN 06 Kecamatan Sawangan Kota Depok Kelas II pada bulan agustus semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji kredibilitas, uji trasferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konformabilitas. Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukan bahwa meskipun cara menulis anak berbeda dari yang lain tetapi anak memiliki keterampilan menulis permulaan yang baik itu terlihat dari tulisan abjad, kata dan kalimat anak yang terlihat jelas dan rapih tidak hanya itu anak juga mampu menarik garis dengan benar hal itu anak dapatkan dari kegemaran anak pada warna yang mendorongnya untuk berlatih menggambar dan tidak berhenti begitu saja setelah bisa menggambar anak juga memiliki semangat untuk belajar menulis, semangat anak di dukung oleh orang tua dan guru di sekolah dengan cara memberikan jam tambahan yang berguna untuk melatih keterampilan menulis permulaan anak. Kata Kunci: Anak Tunadaksa, Keterampilan Menulis Permulaan ER -