TY - THES N2 - Aab Sihabudin. 037115207. Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan interaksi sosial siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel konsep diri dan interaksi sosial siswa. Uji validitas instrument konsep diri dan interaksi sosial siswa menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Curug 02 Bojong Sari Kota Depok Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 89 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 47 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvei sampel dengan instrumen yang valid dan reliable. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan konsep diri dengan interaksi sosial siswa, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,77 yang berarti hubungan antara variabel kuat. Harga koefisien persamaan regresi ?=37,93 + 0,72X yang berarti setiap peningkatan satu unit konsep diri (X) akan meningkatkan interaksi sosial siswa (Y) sebesar 0,72 unit. Kontribusi variabel konsep diri dalam meningkatkan interaksi sosial siswa (r2) sebesar 0,5929 dengan koefisien determinasi sebesar 59,29% dan sisanya 40,71% dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif konsep diri dengan interaksi sosial siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor siswa berinteraksi adalah karna ia berkonsep diri. Kata Kunci : Konsep Diri, Interaksi Sosial Siswa A1 - Sihabudin, Aab A1 - Hidayat, Rais A1 - Safitri, Nurlinda Y1 - 2019/03/16/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/3818/ PB - Universitas Pakuan TI - HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasi Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Curug 02 Bojong Sari Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ID - eprintsunpak3818 AV - public M1 - Skripsi ER -