TY - THES Y1 - 2020/08/02/ AV - public UR - http://eprints.unpak.ac.id/3826/ A1 - Budiarti, Yustika A1 - Patras, Yuyun Elizabeth A1 - Suchyadi, Yudhie ID - eprintsunpak3826 N2 - Yustika Budiarti. 037116105. Pengaruh Konsep Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 75 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 43 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,57. Ini menunjukan adanya pengaruh antara konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,32 atau sebesar 32%. Sisanya sebanyak 68% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata kemandirian belajar pada siswa sebesar 32% ditentukan oleh konsep diri melalui persamaan regresi ?= 31,06 + 0,74X, artinya setiap kenaikan unit nilai konsep diri akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,74 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Konsep Diri dan Kemandirian Belajar Siswa. M1 - Skripsi TI - PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 PB - Universitas Pakuan ER -