@phdthesis{eprintsunpak3831, author = {IRFAN MAULANA SUCIPTO and Muslim Muslim and Yogaprasta Adi Nugraha}, title = {ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI BADAN EKONOMI KREATIF DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM MEMPUBLIKASIKAN PROGRAM CREATIVE CENTER KEPADA KOMUNITAS DI KOTA BOGOR}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2019}, month = {December}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/3831/}, abstract = {Dinas Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang perlu diberdayakan, karena selain sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD), serta pengembangan dan pelestarian seni budaya. Dinas Pariwisata dapat meningkatkan sektor perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mempublikasikan program Creative Center yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor. Kegiatan mempublikasikan ini merupakan program untuk diperkenalkan kepada para komunitas di Kota Bogor, dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian negara, selain itu akan menimbul wisata baru di Kota Bogor itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, Penelitian ini menggunakan teknik validasi dan keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan ketekutan pengamatan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mempublikasikan program Creative Center Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor menjalankan strateginya mengacu kepada target sasaran, anggaran biaya, sumber daya manusia, dan menyusun beberapa program kerja. Strategi yang dijalankan berupa bentuk promosi dan penyebaran informasi mengenai pariwisata Kota Bogor terutama objek melalui kegiatan pameran, melakukan pembinaan secara langsung ke tempat para komunitas, rapat internal, workshop, dan media seperti Radio RRI, Megaswara. Adapun kendala dalam mempublikasikan program Creative Center yaitu masih banyaknya komunitas yang tidak hadir pada kegiatan tersebut dikarenakan tidak mendapatkan undangan. Dan keterbatasan anggaran dana. Kata Kunci: Creative Center, Strategi, Pariwisata} }