<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENERAPAN MODEL \r\nPROBLEM BASED LEARNING TERHADAP \r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nStudi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6\r\nKota Depok Semester Genap\r\nTahun Pelajaran 2018/2019"^^ . "ABSTRAK\r\n\tNafissatuzza Ghroh. 037115617. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2019.\r\n\tPenelitian ini dengan pendekatan eksperimen quasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar matematika materi pengolahan data.\r\n\tSubyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 dengan jumlah keseluruhan 62 orang. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 Kota Depok bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t.\r\n\tHasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelompok PBL sebesar 77 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 93,5%, sedangkan kelompok konvensional sebesar 68 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 83,9%. Sehingga nilai rata-rata N-Gain dan presentase ketuntasan hasil belajar pada kelompok kelas PBL lebih besar dari kelompok kelas konvensional. Pada uji normalitas dengan uji Liliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok PBL diperoleh Lhitung (0,0604) < Ltabel (0,1591) dan kelompok konvensional diperoleh Lhitung (0,0361) < Ltabel (0,1591). Kemudian pada uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung (1,48) < Ftabel (1,84). Uji hipotesis PBL dan konvensional diperoleh thitung (2,98507) > ttabel (2,00030). Maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.\r\n\tBerdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar matematika materi pengolahan data pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 Kecamatan Cilodong Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.\r\n\r\n\r\nKata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika"^^ . "2019-09-10" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Entis"^^ . "Sutisna"^^ . "Entis Sutisna"^^ . . "Yudhie"^^ . "Suchyadi"^^ . "Yudhie Suchyadi"^^ . . "Nafissatuzza"^^ . "Ghroh"^^ . "Nafissatuzza Ghroh"^^ . . "Yudhie"^^ . "Suchyadi"^^ . "Yudhie Suchyadi"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "PENGARUH PENERAPAN MODEL \r\nPROBLEM BASED LEARNING TERHADAP \r\nHASIL BELAJAR MATEMATIKA\r\nStudi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6\r\nKota Depok Semester Genap\r\nTahun Pelajaran 2018/2019 (Text)"^^ . . . "2019 PGSD Nafissatuzza Ghroh.pdf"^^ . . "HTML Summary of #3839 \n\nPENGARUH PENERAPAN MODEL \nPROBLEM BASED LEARNING TERHADAP \nHASIL BELAJAR MATEMATIKA \nStudi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 6 \nKota Depok Semester Genap \nTahun Pelajaran 2018/2019\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .