TY - THES M1 - Skripsi AV - public Y1 - 2020/01/15/ TI - HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian ini menggunakan Metode Survey Pendekatan Korelasional di kelas VSekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 7 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 PB - Universitas Pakuan UR - http://eprints.unpak.ac.id/3840/ ID - eprintsunpak3840 A1 - Abidin, Yusep A1 - Patras, Yuyun Elizabeth A1 - Karmila, Nita N2 - Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu konsep diri sebagai variabel bebas dan kemandirian belajar siswa sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A, dan V-B. Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 7 Kota Bogor yang terdiri dari 80 populasi dan 44 sampel responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Nilai rata-rata pada variabel konsep diri sebesar 102,9 dan nilai rata-rata pada variable kemandirian belajar siswa yaitu sebesar 112,9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,65. Ini menunjukkan adanya hubungan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,4225 atau sebesar 42,25%. Hal ini berarti nilai pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 42,25%, melalui persamaan regresi ?= 10,98 + 0,99X Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor kemandirian belajar siswa adalah karena konsep diri yang ada dalam diri siswa. Kata kunci : Konsep Diri, Kemandirian Belajar Siswa ER -