eprintid: 3855 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/38/55 datestamp: 2022-09-01 02:24:31 lastmod: 2022-09-19 04:30:04 status_changed: 2022-09-01 02:24:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Permatasari, Citra creators_name: Sumardi, creators_name: Mulyawati, Yuli creators_NPM: 037115044 creators_NPM: 0006065201 creators_NPM: 0417057704 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sumardi, Sumardi contributors_name: Mulyawati, Yuli contributors_NIDN: 0006065201 contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR Studi Penelitian Dengan Pendekatan Kualitatif Pada Sekolah Dasar Negeri Mekarwangi Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Citra Permatasari . 037115044. Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Mekarwangi; (2) faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) kepala sekolah berperan sebagai perencanaan mutu sekolah dengan melakukan koordinasi kepada seluruh warga sekolah dalam melakukan kegiatan, melibatkan seluruh komponen, menjelaskan tujuan yang akan dicapai, membentuk panitia-panitia, mengadakan monitoring dan mengadakan musyawarah; (2) Faktor yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Mekarwangi: Faktor pendukung yaitu: kemampuan dan motivasi yang tinggi untuk berprestasi dalam tugas, dukungan yang didapat dari bawahan, dukungan dari komite sekolah dan masyarakat setempat. Faktor penghambat yaitu: masih ada guru yang kurang tanggap dalam menjalankan tugas, sarana dan prasarana belajar yang kurang memadai. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan date: 2019-10-19 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Permatasari, Citra and Sumardi and Mulyawati, Yuli (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR Studi Penelitian Dengan Pendekatan Kualitatif Pada Sekolah Dasar Negeri Mekarwangi Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3855/1/2019%20PGSD%20Citra%20Permatasari.pdf