%D 2020 %T ANALISIS STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KOTA BOGOR DALAM MENYOSIALISASIKAN APLIKASI SI BADRA %L eprintsunpak3859 %X Aplikasi Si Badra adalah aplikasi layanan pengaduan masyarakat online yang dibuat oleh Diskominfostandi Kota Bogor pada tahun 2019 yang berbasis smartphone dan aplikasi Si Badra merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk menyempurnakan aplikasi sebelumnya yang di buat oleh pemerintah Kota Bogor yang bernama BISA pada tahun 2018. Berhasil atau tidaknya suatu program ditentukan oleh strategi dan pelaksaan sosialisasi oleh yang membuat suatu program tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan dan mengetahui strategi hubungan masyarakat Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bogor dalam Menyosialisasikan program baru pemerintah Kota Bogor pemerintah Kota Bogor dan Diskominfostandi Kota Bogor membuat aplikasi pengaduan masyarakat berbasis smartphone yang dinamakan Si Badra maka untuk menyampaikan informasi terkait Aplikasi tersebut sosialisasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan Diskominfostandi Kota Bogor,adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan narasumber dari Andi Aslamiah Ahmad sebagai kepala bagian Komunikasi Informasi Publik dan Diskominfostandi Kota Bogor berperan sebagai Key Informan untuk informan I dan 2 adalah Netty Herawati,S.Kom sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Publik Diskominfostandi Kota Bogor dan Susanti sebagai Staf Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfostandi Kota Bogor yang juga sebagai Admin Aplikasi Si Badra, Nurhaida Simanihuruk sebagai Guru, Ardiansyah Putra sebagai masyarakat umum yang mengikuti sosialisasi dan Rian Hidayat dari Layanan Pengelolaan Publik PPID Diskominfo Kabupaten Bogor sebagai triangulan Hasil dari penelitian Humas Diskominfostandi Kota Bogor sudah baik dalam melakukan sosialisasi dan untuk strategi yang dipilih Humas Diskominfostandi untuk Sosialisasi yaitu tahap Strategi Operasional, tahap Pendekatan Persuasif dan edukatif, pendekatan tanggung jawab sosial Humas dan Pendekatan %A Budi Prasetiyo Utomo %A Layung Paramesti Martha %A Sardi Duryatmo %I Universitas Pakuan