@phdthesis{eprintsunpak386, school = {Universitas Pakuan}, author = {Aditya Pemana and Eneng Tita Tosida and Lita Karlitasari}, title = {?INTEGRASI TEKNIK ANIMASI RIGGING DAN MARKER BASED AUGMENTED REALITY UNTUK VISUALISASI PAMOR KUJANG?}, month = {February}, year = {2020}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/386/}, abstract = {Abstrak Pamor kujang merupakan garis-garis atau bintik-bintik pada bagian badan kujang, dahulu biasanya mengandung racun gunanya selain untuk memperindah bilah kujang juga untuk mematikan musuh secara cepat. Bagian kujang yang satu ini memang cukup asing dan jarang yang mengetahuinya apalagi galeri dan tempat pembuatan kujang saat ini belum banyak, Teknologi Augmented Reality (AR) adalah solusi yg tepat untuk proses pembelajaran di era modern ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi menggunakan teknologi augmented reality dengan sistem pendeteksian Marker Based yang diintegrasikan dengan teknik animasi Rigging, sehingga dapat menghasilkan gerakan animasi yang lebih luwes karena digerakkan berdasarkan pergerakkan sendi manusia terlebih dengan Teknik rigging ini proses animasi bisa lebih cepat dan mudah. Sebagai output yang dihasilkan berupa video mengenai makna dari pamor tersebut yang divisualisasikan menjadi cerita rakyat. Aplikasi ini dapat dijalankan menggunakan smartphone dengan minimum sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean). Kata Kunci : Augmented Reality, Rigging, Animasi, dan Pamor Kujang.} }