eprintid: 3884 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/38/84 datestamp: 2022-09-01 02:26:17 lastmod: 2022-09-19 04:42:06 status_changed: 2022-09-01 02:26:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Oktaviani, Kholifah creators_name: Hidayat, Nandang creators_name: Lathifah, Suci Siti creators_NPM: 036115036 creators_NPM: 0008076002 creators_NPM: 0403058703 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Nandang contributors_name: Lathifah, Suci siti contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0403058703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: KHOLIFAH OKTAVIANI. 036115036. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd., dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik yang dapat terpasang di android, dan menguji efektivitas penggunaannya terhadap hasil belajar peserta didik materi organel sel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, penelitian ini dilakukan di SMA Rimba Madya Bogor dari bulan April hingga Oktober 2019. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen akan belajar menggunakan multimedia interaktif di android, sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan media powerpoint. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa tes (pre-test dan post-test), lembar angket check list, lembar observasi serta dokumentasi. Hasil penilaian menunjukkan bahwa multimedia interaktif mendapat kategori sangat layak. Hal ini didasarkan pada persentase rata�rata penilaian dari tim validasi ahli yaitu 90%. Multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik pada android terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan z hitung < z tabel -1,487 < 0,0695. Dapat disimpulkan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan hasil belajar dari menggunakan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik pada android. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Pendekatan Saintifik, Android date: 2019-10-25 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Oktaviani, Kholifah and Hidayat, Nandang and Lathifah, Suci Siti (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3884/1/2019%20P%20BIO%20Kholifah%20Oktaviani.pdf