%I Universitas Pakuan %D 2020 %L eprintsunpak3889 %A Diah Ayu Anggraini Widya %A Teti Rostikawati %A Rukmini Handayani %X ABSTRAK Diah Ayu Widya A, 037116071. Analisis Kemapuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Statistika Kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesikan soal pada materi Statistika. Bertempat di Sekolah Dasar Tlajung Udik 04 dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kelas IVA sebanyak 46 siswa, lalu menggunakan teknik purposive sampling diambil 6 subjek yang mewakili dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan tes, observasi, wawancara dan dokumetasi. Instrumen berupa tes dengan bentuk soal uraian berjumlah 5 soal. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang berdasarkan hasil jawaban dan Wawancara dengan siswa dan guru kelas IV SDN Tlajung Udik 04, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan pada siswa dengan kemampuan pemecahaan masalah matematika yang tinggi berjumlah 10 siswa atau 21,7%, siswa berkemampuan pemecahan masalah sedang berjumlah 14 siswa atau 30,5%, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah yang rendah berjumlah 22 siswa atau 47,8%, hal ini disebabkan oleh (1). Siswa belum terbiasa dengan soal pemecahan masalah. (2). Siswa tidak paham langkah-langkah dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. (3). Siswa kesulitan dalam mengerjakan soal dengan bentuk soal cerita dibanding menyajikan diagram, dan tabel pada materi statistika. Kata Kunci: Menganalisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Statistika %T ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS IV (Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Studi Deskriptif Siswa Sekolah Dasar Negeri Tlajung Udik 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)