eprintid: 3891 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/38/91 datestamp: 2022-09-01 02:27:12 lastmod: 2022-09-03 17:37:50 status_changed: 2022-09-01 02:27:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pemana, Aditya creators_name: Tita Tosida, Eneng creators_name: Karlitasari, Lita creators_NPM: 065115171 creators_id: aditya16p@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tita Tosida, Eneng contributors_name: Karlitasari, Lita contributors_NIDN: 0425087601 contributors_NIDN: 0423107701 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas MIPA corp_creators: Ilmu Komputer title: “INTEGRASI TEKNIK ANIMASI RIGGING DAN MARKER BASED AUGMENTED REALITY UNTUK VISUALISASI PAMOR KUJANG ispublished: pub subjects: QK divisions: sch_ecs full_text_status: none abstract: Abstrak Pamor kujang merupakan garis-garis atau bintik-bintik pada bagian badan kujang, dahulu biasanya mengandung racun gunanya selain untuk memperindah bilah kujang juga untuk mematikan musuh secara cepat. Bagian kujang yang satu ini memang cukup asing dan jarang yang mengetahuinya apalagi galeri dan tempat pembuatan kujang saat ini belum banyak, Teknologi Augmented Reality (AR) adalah solusi yg tepat untuk proses pembelajaran di era modern ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi menggunakan teknologi augmented reality dengan sistem pendeteksian Marker Based yang diintegrasikan dengan teknik animasi Rigging, sehingga dapat menghasilkan gerakan animasi yang lebih luwes karena digerakkan berdasarkan pergerakkan sendi manusia terlebih dengan Teknik rigging ini proses animasi bisa lebih cepat dan mudah. Sebagai output yang dihasilkan berupa video mengenai makna dari pamor tersebut yang divisualisasikan menjadi cerita rakyat. Aplikasi ini dapat dijalankan menggunakan smartphone dengan minimum sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean). Kata Kunci : Augmented Reality, Rigging, Animasi, dan Pamor Kujang. date: 2019-12 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Ilmu Komputer thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Pemana, Aditya and Tita Tosida, Eneng and Karlitasari, Lita (2019) “INTEGRASI TEKNIK ANIMASI RIGGING DAN MARKER BASED AUGMENTED REALITY UNTUK VISUALISASI PAMOR KUJANG. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.