eprintid: 3893 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/38/93 datestamp: 2022-09-01 02:27:19 lastmod: 2022-09-19 04:49:42 status_changed: 2022-09-01 02:27:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauziyah, Wulan Hasna creators_name: Sukmanasa, Elly creators_name: Purnamasari, Ratih creators_NPM: 037115230 creators_NPM: 0429076901 creators_NPM: 0406068603 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sukmanasa, Elly contributors_name: Purnamasari, Ratih contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0406068603 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Di Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Wulan Hasna Fauziyah. 037115230. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal pada kemampuan berpikir kritis peserta didik sebagai variabel bebas dan hasil belajar pada mata pelajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 44 sampel responden. Intrumen yang digunakan berupa angket sebanyak 25 butir pernyataan untuk variabel kemampuan berpikir kritis dan variabel hasil belajar pada mata pelajaran matematika berupa 20 soal pertanyaan dengan koefisien korelasi sebesar 0,689 yang berarti pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dapat dikategorikan kuat dengan harga thitung sebesar 6,779 lebih besar dari ttabel dengan taraf 0,05 sebesar 2,018. Hal ini terbukti dengan adanya pengaruh yang fungsional antara percaya diri terhadap kemandirian belajar siswa melalui persamaan regresi Ŷ = -23,89 + 0,89. Artinya apabila kemampuan berpikir kritis peserta didik naik satu unit, maka hasil belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,89 unit. Dengan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik berkontribusi sebesar 47,4% terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Matematika date: 2020-12-22 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fauziyah, Wulan Hasna and Sukmanasa, Elly and Purnamasari, Ratih (2020) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Di Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3893/1/2020%20PGSD%20WULAN%20HASNA.pdf