eprintid: 3897 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/38/97 datestamp: 2022-09-01 02:27:38 lastmod: 2022-09-17 02:31:07 status_changed: 2022-09-01 02:27:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rabbani, Khansa Rohadatul'Aisy creators_name: Kurnia, Dadang creators_name: Novita, Lina creators_NPM: 037116090 creators_NPM: 0008045902 creators_NPM: 0412117404 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurnia, Dadang contributors_name: Novita, Lina contributors_NIDN: 0008045902 contributors_NIDN: 0412117404 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN Studi Kurikulum 2013 Ini Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Panaragan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Khansa Rohadatul’Aisy Rabbani. 37116090. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dengan pendekatan eksperimen quasi dua kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dalam satu siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar subtema manusia dan lingkungan kelas V dengan menggunakan media pembelajaran animasi (kelas eksperimen) dan tanpa media pembelajaran animasi (kelas kontrol). Subjek penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar Negeri Panaragan 2 yang terdiri dari 74 peserta didik, dengan komposisi kelas VA, 37 peserta didik dan kelas VB, 37 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan adalah yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogentias, kemudian uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata N-Gain ketuntasan hasil belajar kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen yaitu 74 dengan ketuntasan hasil belajar 97,29%, sedangkan nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas kontrol N-Gain sebesar 64 dengan ketuntasan hasil belajar 81,08%. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai thitung (3,25) lebih besar dari ttabel (2,000) dengan dk 72 dan taraf signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Panaragan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Animasi date: 2020-07-07 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rabbani, Khansa Rohadatul'Aisy and Kurnia, Dadang and Novita, Lina (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN Studi Kurikulum 2013 Ini Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Panaragan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3897/1/2020%20PGSD%20Khansa%20Rohadatul%27Aisy%20R..pdf