%A Nurul Arifah %A Sandi Budiana %A Tatang Muhajang %I Universitas Pakuan %D 2019 %X ABSTRAK Nurul Arifah. 037115274. Hubungan Lingkungan Keluarga dengan Kemandirian Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan analisis jalur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga terhadap kemandirian siswa. Obyek penelitian ini adalah siswa SD Negeri CimangguKota Bogor kelas V yang terdiri dari tiga rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 98 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan lingkungan keluarga dengan kemandirian siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (pxy) sebesar 0,75. Ini menunjukan adanya hubungan lingkungan keluarga terhadap kemandirian siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,75 atau sebesar 56% . Sisanya sebanyak 44% ditentukan oleh faktor lain.Rata-rata kemandirian siswa sebesar 56% ditentukan oleh lingkungan keluarga melalui persamaan regresi Ŷ =45,86+0,70X , artinya setiap kenaikan kemandirian siswa menyebabkan kenaikan sebesar 0,70 unit.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara lingkungan keluarga dengan kemandirian siswa kelas V SD Negeri Cimanggu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Kemandirian Siswa %L eprintsunpak3909 %T HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN SISWA Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Metode Survey Pendekatan Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimanggu Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020