@phdthesis{eprintsunpak3910, month = {September}, author = {Septina Afwani and Yuyus Rustandi and Tustiyana Windiyani}, year = {2019}, title = {PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING StudiKurikulum 2013 IniMelaluiPendekatanPenelitianEksperimen Quasi Desain 3GrupPadaPesertaDidikKelas V A, V B, V C SekolahDasarNegeriCiampea01 Kabupaten Bogor Semester GasalTahunPelajaran2019/2020}, school = {Universitas Pakuan}, abstract = {SeptinaAfwani, 037115223 Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Discovery LearningdanModel Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarPerbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Discovery LearningdanModel Problem Based Learning, dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ciampea 01 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor pada kelas VA, VB, dan VC Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar melalui model Discovery Learning dengan nilai N-Gain 70,91 dengan ketuntasan hasil belajar 97,14\%, dan model Problem based learning memperoleh nilai N-Gain 52 dengan ketuntasan hasil belajar 93,75\%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,298) {\ensuremath{>}} ttabel (1,99834). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Discovery LearningdanModel Problem Based Learning. Model pembelajaran yang paling efektif pada Mata Pelajaran MatematikadalammateripecahanadalahModel Discovery Learning Kata Kunci : Hasil Belajar, Discovery Learning,Inquiry Learning}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/3910/} }