%0 Thesis %9 Skripsi %A Nisa, Fadilah Khairun %A Hidayat, Rais %A Santa %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2019 %F eprintsunpak:3919 %I Universitas Pakuan %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Ini Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen QuasiDesain 2 Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semplak 01 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 %U http://eprints.unpak.ac.id/3919/ %X Fadilah Khairun Nisa, 037115268. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor 2019. Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif eksperimen quasi desai 2 kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar matematika.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kota Bogor kelas IV-A dan IV-B pada bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Perhitungan N-Gain pada dua kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas kontrol (kelompok konvensional) sebesar 51 dengan presentase kelulusan sebesar 50%, nilai N-Gain kelas eksperimen (kelompok Inquiry) sebesar 60 dengan prensentase kelulusan sebesar 83% Sehingga nilai N-Gain kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Pada uji normalitas dengan uji liliefors kedua kelas sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Inquiry didapat Lhitung≤Ltabel yaitu 0,13 ≤ 0,15 pada kelompok kelas konvensional didapat Lhitung≤Ltabel yaitu 0,11 ≤ 0,15. Kemudian pada uji homogenitas didapat nilai Fhitung sebesar 1,34 lebih kecil dari Ftabel yaitu 1,78. Selanjutnya pada uji hipotesis diperoleh nilai Thitung sebesar 2,258 lebih besar dari Ttabel yaitu 1,996, menunjukan bahwa Ho (Hipotesis nol) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Inquiry, Hasil Belajar Matematika. Fadilah Khairun Nisa, 037115268. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor 2019. Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif eksperimen quasi desai 2 kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar matematika.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kota Bogor kelas IV-A dan IV-B pada bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Perhitungan N-Gain pada dua kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas kontrol (kelompok konvensional) sebesar 51 dengan presentase kelulusan sebesar 50%, nilai N-Gain kelas eksperimen (kelompok Inquiry) sebesar 60 dengan prensentase kelulusan sebesar 83% Sehingga nilai N-Gain kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Pada uji normalitas dengan uji liliefors kedua kelas sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Inquiry didapat Lhitung≤Ltabel yaitu 0,13 ≤ 0,15 pada kelompok kelas konvensional didapat Lhitung≤Ltabel yaitu 0,11 ≤ 0,15. Kemudian pada uji homogenitas didapat nilai Fhitung sebesar 1,34 lebih kecil dari Ftabel yaitu 1,78. Selanjutnya pada uji hipotesis diperoleh nilai Thitung sebesar 2,258 lebih besar dari Ttabel yaitu 1,996, menunjukan bahwa Ho (Hipotesis nol) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Inquiry, Hasil Belajar Matematika.