%A Dinah Setiani %A Griet Helena Laihad %A Rukmini Handayani %I Universitas Pakuan %D 2019 %X ABSTRAK Dinah Setiani, 037115290 subtema kebersamaan dalam keberagaman melalui model problem based learning, model inquiry learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman melalui model problem based learning, model inquiry learning, dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ciampea 1 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor pada kelas IVA, IVB, dan IVC Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar melalui model problem based learning dengan nilai N-Gain 70,21 dengan ketuntasan hasil belajar 90,90%, dan model inquiry learning memperoleh nilai N-Gain 60,67 dengan ketuntasan hasil belajar 75,75%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,0967) > ttabel (1,99773). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman melalui model problem based learning dan model inquiry learning. Model pembelajaran yang paling efektif pada subtema kebersamaan dalam keberagaman adalah model problem based learning Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, inquiry Learning. %L eprintsunpak3924 %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL INQUIRY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Ini Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B, IV C Sekolah Dasar Negeri Ciampea 1 Kabupaten Bogor Semester Gasal 2019/2020