%D 2019 %T HUBUNGAN PERCAYA DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL Studi ini dengan menggunakan Metode Survey Pendekatan Korelasional pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Mekarwangi Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 %L eprintsunpak3928 %X Eka Nova Juliyanti. 037115204. Hubungan Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain dan model korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan percaya diri dengan komunikasi interpersonal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Mekarwangi Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 67 dengan sampel sebanyak 41 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel percaya diri dan variabel komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,63 yang berarti tingkat hubungan tergolong kuat dan diperoleh thitung sebesar 4,55 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 1,697 yang berarti signifikan. Artinya, ada hubungan yang positif antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal. Kata Kunci : Percaya Diri, Komunikasi Interpersonal %A Eka Nova Juliyanti %A Rais Hidayat %A Nintin Nurlela %I Universitas Pakuan