%X ABSTRAK Huri Aini Erlinda. 037115215. Hubungan Konsep Diri dengan Minat Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain dan model korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan minat belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A, V-B, V-C dan V-D Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 153 dengan sampel sebanyak 60 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel konsep diri dan variabel minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan minat belajar. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,91 yang berarti tingkat hubungan tergolong kuat dan diperoleh thitung sebesar 16,26 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,000 yang berarti signifikan, sedangkan koefisien determinasi sebesar 82%. Hal ini berarti kontribusi variabel konsep diri dalam meningkatkan minat belajar sebesar 82%, melalui persamaan regresi Ŷ = 29,58 + 0,79x. Artinya, ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan minat belajar. Kata Kunci : Konsep Diri, Minat Belajar %I Universitas Pakuan %D 2019 %A Huri Aini Erlinda %A Griet Helena %A Lina Novita %L eprintsunpak3930 %T HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MINAT BELAJAR Penelitian ini Dengan Metode Survey Pendekatan Korelasional pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019