TY - THES N2 - ABSTRAK Dyah Puji Lestari. 037115127. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di Gugus 1 Cipayung Kecamatan Cipayung Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 393 siswa. Siswa yang diambil sebanyak 198 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 5%. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi nilai rapot dan kuisioner. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi tersebut bersifat homogen. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,68 dan diperoleh thitung sebesar 13,04. Ini menunjukkan adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,68 atau sebesar 46,24%. Hal ini berarti nilai prestasi belajar siswa sebesar 46,24% ditentukan oleh perhatian orang tua melalui persamaan regresi ?= 52,72 + 0,62X. Sisanya sebanyak 53,76% ditentukan oleh faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa A1 - Lestari, Dyah Puji A1 - Kurnia, Dadang A1 - Ghani, Resyi A Y1 - 2020/01/06/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/3935/ PB - Universitas Pakuan TI - PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Pendekatan Penelitian Studi Kausal Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Gugus 1 Cipayung Kecamatan Cipayung Kota Depok Tahun Pelajaran 2019/2020 ID - eprintsunpak3935 AV - public M1 - Skripsi ER -