%0 Thesis %9 Skripsi %A Anjarwati, Gita %A Sukmanasa, Elly %A Wijaya, Ade %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2019 %F eprintsunpak:3938 %I Universitas Pakuan %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUB TEMA ORGAN GERAK HEWANMELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERYLEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Quasi Desain 3 Grup PadaPeserta didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cilangkap 02 kecamatan Tapos Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 %U http://eprints.unpak.ac.id/3938/ %X Gita Anjarwati. 037115043. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan Melalui Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Penelitian ini dengan desain penelitian Eksperimen Quasi. Bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan Melalui Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A, V-B, dan V-C Sekolah Dasar Negeri Cilangkap 02 yang terdiri dari 104 peserta didik. Pelaksanaan Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisi data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat perbedaan hasil belajar subtema organ gerak hewan melalui model Discovery learning memperoleh N-Gain 75 dengan ketuntasan hasil belajar 91,66 % dan model Discovery Learning memperoleh nilai N-Gain 67 dengan ketuntasan hasil belajar 88,23%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan(Ho) ditolak dan (Ha) diterima karena thitung (3,90)> ttabel(1,99574). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bbahwa terdapat perbedaan hasil belajar sub tema organ gerak hewan melalui model Discovery Learning dan Problem based learning dari kedua model tersebut yang paling efektif diterapkan dalan prses pembelajaran adalah model Discovery Learning . Kata Kunci : Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan, Model Discovery Learning, dan Model Problem Based Learning.